Cilegon Smart City adopsi 6 elemen Smart City oleh Cohen

Posting oleh : Administrator - 29/04/2018 - Kategori : Teknologi - 20 kali dibaca - Rating : 23

Kota merupakan pusat peradaban dan pusat kehidupan manusia. Keberadaan kota terus berubah dan mengalami perkembangan signifikan serta membawa pengaruh besar dalam pola hidup manusia. Perkembangan teknologi yang semakin pintar membuat konsep smart tidak hanya diterapkan pada berbagai perangkat, tetapi juga pada berbagai sistem atau tatanan. Salah satunya yang mencuat akhir-akhir ini adalah konsep smart city atau kota cerdas. Konsep yang disebut sebagai kota cedas ini adalah sebuah konsep tatanan kota cerdas berbasis pelayanan, bersifat transparan dan berperan dalam memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat. Dimana dalam hal ini kota mampu memberikan pelayanan publik yang mudah diakses tanpa terbatas lokasi dan waktu. Selain itu, konsep kota cerdas ini juga memang dihadirkan sebagai jawaban untuk pengelolaan sumber daya secara efisien. Dukungan aplikasi yang terus berkembang serta terciptanya ekosistem kreatif di bidang teknologi, merupakan langkah awal yang baik menuju kota cerdas.

Cilegon sebagai sebuah kota yang terletak di ujung Pulau Jawa sebagai wilayah penghubung dengan Pulau Sumatera, memiliki posisi yang sangat strategis baik dalam kancah konstelasi nasional maupun internasional. Kawasan Cilegon lebih identik dengan kawasan perindustrian skala nasional dan internasional sehingga mampu menjadi daya pikat bagi para investor. Dengan hadirnya industri-industri ini akan mampu memberikan peluang dalam berbagai hal bisnis, termasuk peluang-peluang untuk memberikan lowongan pekerjaan bagi masyarakat secara umum. Namun seiring dengan bertambahnya jumlah industri, akan berdampak secara sistemik terhadap permasalahan-permasalahan perkotaan. Di samping dengan berkembangnya pertambahan penduduk yang cukup tinggi, mulai menimbulkan berbagai permasalahan perkotaan lainnya, seperti tingginya polusi udara, kemacetan di jalan raya, penumpukan sampah, dan masalah-masalah sosial lainnya. Untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut, Cilegon membutuhkan solusi-solusi yang cerdas, kreatif, dan inovatif yang dijalankan oleh jajaran pemerintah daerah, serta didukung dengan komitmen dari seluruh warga Cilegon.

Konsep smart city yang dikembangkan di Kota Cilegon berdasarkan konsep dari smart city yang dikembangkan oleh Boyd Cohen Smart Wheel, mencakup beberapa unsur elemen yakni Smart Governance, Smart Mobility, Smart Environtment, Smart Living, Smart Eonomy, dan Smart People. Implementasi Cilegon Smart City membawa misi yang besar, dimana perlunya sinergitas antar seluruh stakeholders termasuk peran serta masyarakat dalam bersama mewujudkan Kota Cilegon yang maju dan cerdas serta mampu berdaya saing, baik dalam konstelasi nasional maupun internasional dengan tetap memperhatikan unsur kearifan lokal.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Bagikan :


KATEGORI


BLOG TERPOPULER

Meriahkan HUT Cilegon Panitia Sediakan 49 Acara

by : Administrator - 29 April 2018

BLOG TERBARU

Meriahkan HUT Cilegon Panitia Sediakan 49 Acara

by: Administrator | 29 April 2018